Wednesday, December 8, 2010

. . . Nggateli cok !

Jadi gini...

Semalem gw tersentak dengan seseorang yang mention nama gw ke orang laen, dengan embel embel "gua mengganggu!!", emang sih via internet, okeh, konteksnya gw telah mengusik, melakukan perbuatan gak menyenangkan dan tetek bengek lainnya. So What? Mau komplen, ga puas? sebelah mana yang bikin ga puas? Gw ga tao! Lah dia ngomongnya di belakang..

Yang bikin ubun2 gw panas adalah, gw tau hal itu dari orang laen, dan entah udah berapa orang yang baca itu, sementara selama ini gw selalu mengagung agungkan yang namanya bertindak bertanggung jawab dan gak menjadi seorang pengecut dengan sekedar ngomong dibelakang, lah ini gw malah diomongin dibelakang gw… argh dodol!

So dengan amarah tertahan dan samurai ditangan (halah lebai) langsung gw cari tu orang, mule dari ye em ampe nomer hape, ngerti sih, ga bakal bisa gua apa apain, lah tu sampah dimana, gw dimana, tapi peduli amat, yang penting ini amarah kudu meledug dulu... soalnya amarah tertahan itu ga sehat, beneran tuh.. hempaskaann!!

Akhirnya bisa ym an dan sempet sahut2an di ym, ngejelasin ke gua kalo bagi dia ber "elo" gue adalah sesuatu yang KASAR, (wah.. kasar ya? buat gua mah yang kasar tu kalo kaki gua nginjek kepala ni orang di tanah, trus gw injek injek sampe mampus, nah itu kayanya baru kasar!!) dan ke gak jelasan ym yang berujung, si dodol malah diem, dengan alasan... ga jelas, dan berhubung amarah belom reda, gw cari nomer hapenya, eeaaaaaaa…. Ketemu!!! so tanpa basa basi…. Langsung nyampaahhhh!!!! Gua si biasanya jarang sampe yang reaktif kaya gini, cuma berhubung kemaren lagi gelap mata dan emang kesel banget, yaaahh…rhhaashhakhan!!!!

Yang gw dapet dari pelajaran diatas adalah,

  1. Amarah tu emang kudu disalurkan, tapi memang sebaiknya lewat kegiatan fisik, biar berasa, kalo cuma cuap cuap mah ga bikin sakit... gak puas, mending menari piring!
  2. Kadang ada sesuatu yang bisa ditolerir, tapi ketika kita ngerasa itu udah berlebihan, artinya emang kudu menabuh genderang perang.. . . jangan lupa panggil anggota yang laen, nge-band kitaaa hehehe
  3. Ngamuk via internet dan media media yang gak bertatap muka langsung adalah sebuah pengeluaran ga penting dengan efek yang tidak optimal... lah gak bisa diapa apain, sahut2an doang..
  4. Kadang berprasangka baik kepada setiap orang adalah kerugian, karena tidak semua orang itu baik, sampah yang gw omelin semalem contohnya, selama ini gw anggep, ah masi wajar, ah toh ga nyenggol gua, ah kesiyan ga punya temen dia, turned out to be orang yang… bagusnya di tawur aja lah.... lama kalo cuma ngomong mah.....cape
  5. Elo gue.. Aing Maneh, Kamu akyu, Sampeyan kulo, adalah sebutan wajar disemua pergaulan, dan khusus buat "elo" dan gue, adalah sungguh sungguh panggilan yang ditujukan tanpa tendensi apapun.... silahkan tanya pada semua orang di jakarta, bandung, bahkan di Jogja.
  6. Kalo ada orang yang bilang ELO itu adalah sapaan yang kasar (kecuali dari yang lebih muda ke yang lebih tua), artinya.. mungkin ada baiknya memperluas pergaulan ga cuma di internet doang, , atau memang doyan menyendiri, atau memuaskan diri sendiri dikamar mandi.. pake sabun colek, mboh wes, karepmu cok!
  7. Sekali lagi deh, selesaikanlah masalah anda di dunia nyata, bukan di internet, silahkan bacok bacokan tapi bukan pake kata kata, kalo cuma kata kata, ga bikin sakit, so buat apa jadi orang cemen? . . karena cemen adalah buat membangun rumah, bukan hal yang bisa dibanggain.
  8. Laen kali kalo ada kejadian gini, mending ga usah diladenin, samperin aja langsung biar kelar, tapi jangan lupa bawa stik besbol, biar berasa.. kan mao maen besbol... iya kan? hehehehe
  9. Jangan lupa membaca doa...

“loe asik, gw nyantai . . . loe ngusik, gua ngadem di panthaayy!!”




growled by.

9 screams!:

vany said...

huwaa...
kakak ini ternyata 'medeni' lek ngamuk...
emosi tingkat tinggi...
sabar, sabar!!! :D

btw, aku gak mau komen ttg mslhmu ya, kak syn...
tapi, aku mau komen soal elo-gue..
mungkin bagi org jakarta atau org bandung, panggilan elo-gue itu biasa...
tapi, buat org surabaya atau daerah lainnya itu kasar kedengarannya..
saia dulu prnh ngalami tengkar sama cowok jkt...
yah, mslhnya sepele siyh...
saia yg salah dan udah mnt maaf duluan siyh..
tp ya gt deh...
pas ym-an tiba2 dia manggilnya pakai elo-gue bkn aku/ saya-kamu..
bener deh kasar kedengarannya sampai nangis kalo gak salah...
yah, pdhl saia jg melek internet dan panggilan itu udah biasa rasanya di jkt...
tapi, koq saia sbg org sby aneh ajah ngedengernya.... :(
*eh, malah curcol....hehehe*

smga mslhnya cpt selesai ya, kak... :)

Pandhu said...

hai vany, makasie udah mampir..

soal bahasa, kayanya balik ke individunya sih, soalnya 5 tahun saya di surabaya, berinteraksi dengan elo gue, gak masalah..

dan mungkin memang masalah kebiasaan aja kali ya, analogi sederhananya,ketika seseorang bilang sorry-"cok", awalnya saya sempat kaget, buset orang surabaya kasar, ternyata setelah saya belajar mengenai orang surabaya, itu sekedar figure of speech aja kali, semacam sapaan, sama seperti sorry lagi - "anyink" buat orang bandung... karena walau apapun yang diketik atau dikatakan orang, pake elo gue atau apapun, ujung2nya balik lagi ke individu yang nerima... subjektif berat

sekarang bayangkan saya mendatangi kamu di sebuah resto, kita berkenalan, lalu saya menawarkan kamu minum "hai van, lo mo minum apa? sekalian gw pesen nih.."

apakah itu kasar?

*ayohhh jawaabbb!!!!.... *

*bawa pecut*

^__^

vany said...

wuih dipecut!...
dr kmrin kakak ini riwil bgt siyh kalo aku gak jwb komennya... :P
hehehe

kasar atau nggak?
yah, memang balik ke individunya siyh...
tp scr subyektif mnrt saia (halah!) itu tetap kasar walaupun dlm konteksnya kali ini ditraktir minuman di resto...
saia membatin, "ya ampun nih cowok sapa siyh! baru kenal udah pakai elo-gue. pakai aku-kamu knp siyh? gaya!"

btw, restonya itu dmn, kak?
di sby atau di jkt?
kalo di jkt mungkin saia bisa maklum ya krn panggilan elo-gue itu biasa dipakai anak muda disana, tapi kalo di sby kyknya saia gak bisa...

oh ya, fyi, di kampus saia, saia jg bnyk berteman dg anak jkt dan sapaan mereka ke kita jg aku-kamu (entahlah, mgkin menyesuaikan), mskipun kdg2 sapaan mereka ke org yg sesama jkt elo-gue....hehehe

ok, bayangin ajah kalo selama ini panggilan kita aku-kamu, terus berubah jd elo-gue pasti rasanya kasar kedengarannya, kak... :(
kalo nulis di blog mungkin saia bisa maklum pakai elo-gue, tapi kalo ngomong lgsg atau melalui ym,tetap kasar rasanya, kecuali sama org satu daerahnya....

oy, jd skrg udah fasih bilang 'jancok'nya ya?
membayangkan kak syn yg anak perantauan diajari misuh 'jancok'
hahaha...
jancok = "a little word, big mean"
pengertiannya beda ah sama elo-gue.... :P


btw, jd kpn traktir saia minumannya, kak syn?
*wink*

Pandhu said...

oke deh mbak nov,
:)

kayanya hak individu deh buat menilai itu kasar ato engga, lagian kasar ato engga nilainya juga relatif :) seperti adu debat mana lagu yang enak atau mana nasi goreng ternikmat, atau mana perempuan tercantik dan lelaki tertampan...

mo didebatkan ya nilainya normatif, kualitatif , parameternya juga absurd, jadi yah memang ujung2nya balik ke selera... ya benar, selera nusantara..*mule ga jelas*

euh soal cak cok sih masi mending, dibanding awal awal dulu saya dengan bangga dan lantang berkata "segawon"..

^__^

euh minumnya...
:)

sini ..kamu (bukan elo yaaa..)ke jakarta siniii, tar dibeliin teh botol...

satu krat juga bole..

^__^

thanks udah mampir sini yaaa

vany said...

ya ya ya...
knp jd memperdebatkan elo-gue siyh, mas pandhu?
hihihi
*manggilnya mas pandhu ajah soalnya kamu jg manggil aku mbak nova, mas...hahaha*

ngomong gue-elo nggak bisa dijadikan tolak ukur orang itu lupa sama identitas dirinya sendiri atau mungkin memang itu part of language adaptation ya...
duh, kalo nanti saia tinggal di jkt ngomongnya brbh jd elo-gue nggak ya? ;)
*makin nggak jelas*

'segawon' apa tuh, mas?
sega rawon gitu ya?
jgn2 kgn makanan sby nih kan di sby makanannya enak2....hehehe


anw, serius nih kamu mau mentraktirku 1 krat teh botol, mas?
bener ya?
kalo thn dpn aku jd ke jkt bakal aku ambil lowh, mas...
lumayan buat persediaan di kos...hehehe
janji adalah utang dan utang adalah sesuatu yg hrs dibayar
^_^

warm said...

ada yg minta dibacok beneran, kang?
selama ini saya masih bisa sabar ada yg ngomong dibelakang dan muntah di media,

dan,
ide untuk nyalurin esmosi gaya sampeyan keren juga euy

Pandhu said...

@ mbak nova

sebenernya si buat saya pribadi, apapun bahasanya, kembali keniat kita sih mbak, bahasa sopanpun jika dimaksudkan untuk menyakiti, bisa saja, namun sekasar apapun bahasa, jika sang penerima memahami esensi dari penggunaan bahasa tersebut, sebenernya gak masalah

kalo soal budaya, kebiasaan, okelah, tapi dengan pengalaman dan penrgaulan yang tepat, adaptasi dan toleransinya cepet kok...

segawon...mboh opolah kuwiii
:))

ditunggu di jakarta mbak....
:)

Pandhu said...

@ om warm
sebenernya agak nyesel juga sih om, cara saya kurang elegan dan ubun2 keburu anget duluan
tapi kadang, kalo pake birokrasi tata krama dan sopan santun, kelamaan... belanda keburu nyerang...

alternatif lain?

yah kita doakan saja.. doa yang baik tentunya... semoga amal dan ibadah yang bersangkutan diterima disisiNya

^__^

Laptop said...

Setuju, harus do action jangan cuman bisanya bacot doank...
http://pedagangkampus.blogspot.com/
mampir gan

Post a Comment